manusia itu kecil

kemarin buat pertama kalinya ikutan ngeliat kaya apa sih seminar tesis. sebenernya ini salah satu persyaratan bagi mahasiswa sebelum mereka diperbolehkan mengerjakan tesis.

datang agak terlambat (10 menit), bangku2 di kelas kuliah itu sudah hampir terisi semua. akhirnya saya menuju ke satu bangku di paling atas. mas-mas yang sedang seminar pun melanjutkan presentasinya.

dia membahas tentang analisis faktor2 penghambat perusahaan baru memasuki industri manufaktur (kira2 seperti itu). lalu bermunculan lah,, istilah-istilah yang jujur saya sendiri masih awam. cancel out, deflator, akuisisi, dll. apalagi jika muncul pembicaraan yang bercampur2 antara istilah inggris dan indonesia.

hingga sampai akhir sesi tanya jawab, saya tak berhasil mengacungkan jari untuk bertanya, karena saya sendiri pun tidak mengerti. wahh...(dalam hati berkata) begini rasanya yang mau tesis ya. wah berat juga ya. seperti biasa, bermunculanlah balon2 pertanyaan seperti, "bisa ga ya gw nanti?" "haruskah gw memulai tesis semester depan?" "kenapa gw harus s2? hehehe" dan pertanyaan2 lain yg ga penting...

sampai sekarang, pertanyaan itu masih terkadang muncul. walau akhirnya saya tau jalan terbaik adalah tetap berusaha dan biarkan mengalir. tapi petikan hikmah yg saya dapat adalah ternyata benar yah,,, the more i know, the more i know i dont know.

Comments

Popular Posts