Garuda Indonesia

gw jarang2 ngomentarin tentang layanan penyedia jasa yang ada di Indonesia, selain karena males :-) kedua karena saya merasa layanan yang ada masih belum pantas buat dikomentarin (kecuali di surat pembaca Kompas).

Tapi kali ini gw ngerasa ada baiknya buat komentarin salah satu penyedia jasa transportasi udara negara kita, Garuda Indonesia. Diluar dari segala keterbatasannya, Garuda udah banyak memperlihatkan kemajuan dari berbagai segi, terutama (yang kerasa banget) adalah service staffnya, mulai dari counter check in sampe pramugarinya.

Gw ngerasa mbak-mbak di counter check in sekarang lebih ramah (ini pengalaman gw yah) daripada yang di luar negeri. secara gw orangnya males banget liat orang yang ga senyum padahal dia kerja di perusahaan yang service oriented. jadi i was happy waktu si mbak tersenyum (itu berarti loh buat konsumen) and happier waktu ditanya mau duduk di mana(window atau aisle) which sometimes other airplane don't do that except when you ask for it.

another thing yang gw suka adalah pramugarinya ramah-ramah. ga menganggap rendah bangsanya sendiri (yg suka gw temuin kalo naik pesawat terbang asing) dan semua request ditanggapi dgn baik (gw suka minta selimut soalnya kalo di pesawat).

the last point is cleanliness. pesawat Garuda yg gw tumpangi bersih sekali. satu poin plus lagi. makanan juga enak dan lengkap. compared to salah satu airplane yg mengaku servicenya terbaik sedunia, justry malah ga sebaik yg gw kira. waktu gw naik pesawat asing tsb, mereka malah ga nyediain jumlah pilihan makanan yang cukup (sehingga kita ga bisa milih menu) dan pramugarinya walks so fast in the aisle, it was so disturbing, plus pramugari Indonesianya yg ga profesional shg salah ucap nama bandara waktu announcement di dalam pesawat.
Well, bottom line, gw berharap pelayanan yang bagus dari Garuda ga berubah , supaya kita bisa promosi pesawat sendiri ke negara2 lain ;-)

Popular Posts