Kereta Api

setelah sempat beristirahat dari dunia perkereta apian selama trimester pertama kehamilan, minggu lalu saya dan suami kembali bergabung dalam ROCKER (rombongan kereta) :)

subhanallah memang kenikmatan hamil itu. rasanya setiap hari selalu ada keajaiban.
salah satu keajaiban yang saya alami semasa hamil ini adalah kemudahan mendapatkan tempat duduk.
saya katakan keajaiban karena jujur saja kereta api (di Jabotabek ini ya) bukanlah tempat untuk orang yang taat peraturan dan berharap orang lain taat peraturan dan punya hati nurani. meskipun anda perempuan, tua atau muda, jangan berharap laki-laki yang sedang duduk di depan anda dengan sukarela berdiri dan memberikan tempat duduknya untuk anda. jangan juga berharap orang-orang yang "mengampar" di lantai kereta akan bergeser memberikan ruangan yang cukup bagi anda untuk berdiri.

itu salah satu contohnya. dan saya belajar banyak semenjak saya bekerja di Jakarta dan harus menggunakan kereta api.
Oleh karena itu, ketika saya hamil 5 bulan ini pun, saya tidak berharap bahwa akan ada yang memberikan tempat duduknya untuk saya, meskipun dia duduk di tempat duduk prioritas.
(catatan: tempat duduk ini khusus diutamakan untuk ibu hamil, ibu yang membawa balita, manula dan orang-orang differently able). saya cukup tahu diri, bila saya telat ke stasiun, saya dan suami siap-siap duduk di lantai.

tapi memang Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, saya dan bayi saya ini banyak sekali diberikan rezeki dan kemudahan. entah kenapa, selama saya masuk ke dalam gerbong kereta, selalu ada laki-laki yang dengan sigap memberikan tempat duduknya buat saya, meskipun bukan di tempat duduk prioritas. ketika suamipun bertanya pada satu laki-laki muda apakah boleh saya duduk di tempat duduknya, (yg kebetulan prioritas) dia pun berdiri tanpa menyuruh saya mencari tempat duduk di gerbong lain (saya sedih bila mengingat dulu ada ibu hamil yang tidak diberikan tempat duduk oleh pria-pria muda dan diminta pindah gerbong saja).

alhamdulillah.

terima kasih Allah. sometimes good things come when you least expect it.
semoga para laki-laki itu diterima amal ibadahnya oleh Allah SWT.

untuk anakku, alhamdulillah ya Nang. kita banyak-banyak bersyukur yah... semoga suatu saat kamu pun bisa menjadi pria yang berhati nurani. amin.

picture: Getty Images

Comments

Popular Posts