satu tahun


hari ini, tahun baru Islam, tahun baru Hijriyah.
hari ini juga, anak saya Arazki memasuki tahun yang baru.

alhamdulillah, he is now one year old.

kehadiran Razki setahun terakhir ini membawa begitu banyak pembelajaran bagi saya.

mulai dari detik-detik kelahirannya, saya belajar menahan rasa sakit dan tetap tenang.
ketika dia lahir ke dunia, saya belajar untuk memeluknya di dada saya.
seiring waktu berjalan, saya belajar setiap detik untuk menjadi ibu yang baik baginya.

perjalanan satu tahun ini terus terang tidak mudah.

ada saat dimana saya merasa tidak sebaik ibu-ibu yang lain. contoh kecilnya, ketidakmampuan saya memberikan hanya ASI untuk Razki. masa-masa itu adalah masa-masa terberat bagi saya. tetapi kemudian saya pun belajar. belajar untuk menerima ketidakmampuan saya tersebut dan tidak terpuruk di dalamnya. saya belajar ikhlas. saya belajar melihat perkataan dan perbuatan orang lain dari sudut pandang yang lain. dan setelah melewati titik tersebut, segalanya terasa lebih ringan.

alhamdulillah, tanpa bermaksud sombong atau membandingkan dengan anak yang lain, Arazki setahun terakhir ini alhamdulillah sehat. Razki hanya mengalami pilek dua kali itupun tanpa panas, demam atau batuk. Razki tidak minum antibiotik pun ke dokter hanya untuk vaksin. saya bersyukur sekali untuk ini mengingat Razki tidak full minum ASI tetapi juga susu formula.
alhamdulillah juga, walaupun tidak bisa memberikan hanya ASI, saya masih dapat memberikan Razki ASI hingga 9 bulan. mungkin kecil, tetapi membanggakan untuk saya :)

and look at you now baby boy.
your bright eyes, your tiny steps, your lovely smiles.
you are my son yet my teacher in life.

i love you Razki.
happy bestday.

Comments

icha tapjani said…
Selamat Ulang Tahun Razki sayang..
Be happy and healthy ya :)

Ayo kita berenang bareng ke Marcopolo :)

Popular Posts