smart parents for healthy children


akhir pekan lalu tepatnya hari Sabtu, saya diajak teman-teman saya untuk ikut seminar kesehatan anak yang diadakan oleh PESAT Tangerang. Apa itu Pesat? Ini saya copy paste dari FAQnya ya :)

PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak untuk Orang Tua) adalah workshop dan seminar setengah hari yang bertujuan untuk menciptakan dan mewujudkan kesadaran serta pengetahuan orang tua khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya akan kondisi kesehatan secara rasional.

PESAT dibuat oleh Yayasan Orangtua Peduli atau lebih dikenal melalui MilisSehat nya (sehat@yahoogroups.com)
Jujur, ini pertama kalinya saya mengikuti seminar kesehatan anak. Biasanya saya hanya membaca dari buku atau berkonsultasi dengan dokter anak Razki saja. Jujur yang kedua, awalnya meragukan keberadaan program ini karena saya sudah curiga duluan dengan hal-hal yang berbau milis (hahaha...). Tapi setelah mengikuti seminarnya, saya melihat tidak ada kesan menggurui dan menyudutkan dari para dokter yang menjadi pembicara. Ini membuat saya merasa lebih bersemangat untuk mencari tahu lebih dalam lagi tentang kesehatan anak. Memang sebelumnya, saya pun belajar mencari tahu tentang segala macam yang berhubungan dengan anak dan selalu ingin berkonsultasi secara mendetail dengan dokternya Razki. Ternyata, dengan ikut seminar PESAT (dan ikut milis Sehatnya) informasi yang saya butuhkan lebih mudah didapat.

Motto PESAT, smart parents for healthy children, menurut saya, tidak lantas membuat orangtua terutama ibu menjadi "The Jill of All Trade". Tetapi dengan mencari ilmu tentang kesehatan anak, komunikasi dengan dokter anak insya Allah akan menjadi lebih produktif dan dokter pun tidak akan sembarangan memberikan diagnosis.

Sekarang saya sedang asyik membaca dokumen-dokumen yang dishare di Milis Sehat. Tidak semua harus diikuti karena setiap anak tentunya berbeda, tetapi dengan membaca dari banyak sumber, kita sebagai orangtua, bisa menjadi lebih bijak memutuskan apa yang terbaik untuk anak kita.

Happy weekend peeps!

Comments

Popular Posts