Ladies room in Changi airport


biasanya setiap kali kita ke Ladies Room atau toilet wanita yang kita dapatkan adalah serangkaian pintu toilet dengan wastafel dan cermin di seberangnya. Tidak banyak kenyamanan dan umumnya tidak terlalu luas. Mungkin untuk di hotel atau bandara ada penghias seperti pot bunga atau tanaman.
Ketika saya transit di Changi, saya menemukan satu toilet wanita di terminal 3 yang ternyata bukan toilet (saja). Sesuai judul plangnya "Ladies Room", "toilet" ini selain menyediakan serangkaian fasilitas toilet (barisannya panjang sekali) dengan tempat meletakkan tas dan jaket di dalam toilet, ternyata "toilet" ini juga menyediakan beberapa sofa untuk beristirahat, ruang ganti pakaian, dan ruang rias :)

Ruang rias ini (seperti di gambar yang saya ambil) terasa nyaman. Lantainya ditutupi oleh karpet, tempat duduk yang empuk pun disediakan dengan cermin besar untuk masing-masing pengunjung. Tidak lupa tempat tissue jika dibutuhkan. Saya rasa Ladies Room ini bisa dijadikan alternatif tempat bersantai sambil menunggu boarding pesawat dibandingkan dengan menunggu di ruang tunggu yang (terkadang) penuh sesak dengan orang-orang.

Saya yakin suatu saat (semoga dalam jangka waktu dekat), Cengkareng dan bandara-bandara di Indonesia lainnya juga bisa memiliki toilet senyaman ini. Mungkin bisa dengan fasilitas tambahan pemijatan dan spa gratis? :)

Cheers!

Comments

Popular Posts